Wah! iPhone 16 Belum Bisa Dibeli di Indonesia, Ada Apa dengan Apple?

iPhone 16 Indonesia, iPhone 16 telat, Apple investasi, sertifikat TKDN, pabrik Apple, Developer Academy, RnD Indonesia, iPhone resmi, Apple komitmen, produk Apple

Guys, iPhone 16 Tertunda Masuk Indonesia, Ini Alasannya! Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, sempat buka suara soal kenapa iPhone 16 telat hadir di sini. Biasanya, iPhone generasi terbaru itu hadir di Indonesia sekitar sebulan setelah rilis global, tapi kali ini beda. iPhone 16 sendiri udah diperkenalkan di Amerika pada 9 September 2024. Beberapa negara bahkan udah jualan seminggu setelah itu. Tapi, sampai sekarang, belum ada tanda-tanda iPhone 16 bakal dijual resmi di Indonesia.

Distributor resmi kayak iBox sama Digimap juga belum ada kode-kode buat pre-order atau penjualan iPhone 16. Nah, dalam sebuah rapat, Agus kasih tahu kalau Apple belum sepenuhnya memenuhi janji investasi mereka di Indonesia. Sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) Apple udah expired dan belum diperpanjang. Kenapa? Karena investasi Apple di sini baru sekitar Rp 1,48 Triliun, padahal janjinya Rp 1,71 Triliun, jadi masih ada gap sekitar Rp 240 Miliar.

Read More

Pemerintah juga ngedorong Apple buat nggak cuma bangun akademi, tapi juga pabrik atau pusat riset di Indonesia. Agus bilang, “Apple jangan cuma bikin sekolah, Indonesia udah bisa bikin sekolah sendiri. Kita minta mereka bikin RnD di sini.” Kalau Apple mau nurutin itu, mereka bakal dapet nilai TKDN 40%, yang artinya iPhone 16 bisa resmi masuk pasar Indonesia.

FYI nih, Apple janji mau bangun empat Apple Developer Academy di Indonesia, salah satunya di Bali. Jadi, kalau mereka pegang komitmen ini, izin buat jual iPhone 16 bakal keluar. Pemerintah juga ngeliat ini sebagai peluang buat ciptain lapangan kerja dan bangun SDM industri yang keren di Indonesia.

Artikel Viral di Google News

Related posts