Tren Ponsel 50 MP Melonjak, Smartphone Murah Jadi Idaman!

iPhone 15, Oppo Find X8, Resolusi kamera, smartphone 50 MP, Xiaomi 15 Pro

Guys! Dulu 20 MP keren, sekarang beda cerita! Zaman itu udah lewat, soalnya sekarang smartphone murah aja udah dilengkapi kamera yang jauh lebih gahar. Faktanya, di kuartal kedua 2024, lebih dari 50% smartphone yang terjual udah dibekali kamera 50 MP. Gokil, kan?

Menurut riset terbaru dari Counterpoint, resolusi kamera utama rata-rata di Q2 2024 mencapai angka tertinggi sepanjang masa, yaitu 54 MP! Ini tuh dua kali lipat dari 27 MP yang ada di Q2 2020. Jadi, bisa kebayang dong seberapa cepat teknologi kamera berkembang hanya dalam beberapa tahun aja. Peningkatan ini nggak lepas dari permintaan konsumen yang makin doyan foto-foto dan nyari kamera yang bagus buat diunggah ke medsos.

Read More

Di pasar, lonjakan kamera resolusi tinggi ini paling kelihatan di segmen mid-range (harga $100-$250) dan premium (lebih dari $600). Apple juga nggak mau ketinggalan tren ini dengan upgrade kamera iPhone 15 jadi 48 MP dari sebelumnya cuma 12 MP. Sementara itu, produsen Android, khususnya dari China, ngeluarin ponsel dengan kamera tinggi di segmen menengah biar makin bersaing.

Selain itu, tren ponsel dengan empat kamera juga mulai mereda, dan sekarang ponsel dengan tiga kamera yang lebih ngetren. Di Q2 2024, 45% ponsel punya setup tiga kamera. Hal ini karena produsen mulai ngemas fitur makro ke dalam lensa ultrawide dan telefoto, sambil fokus naikin ukuran sensor buat performa foto di tempat gelap.

Tapi jangan kaget ya, tren kamera resolusi tinggi kayaknya bakal segera melambat. Produsen sekarang mulai ngarahin fokus mereka ke hal-hal lain, kayak zoom optik yang lebih jauh atau kemampuan menangkap cahaya yang lebih oke, terutama buat lensa telefoto. Siap-siap aja, beberapa ponsel flagship dari China, kayak Oppo Find X8 dan Xiaomi 15 Pro, bakal keluar dengan kamera gila-gilaan.

Artikel Viral di Google News

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *