iPhone 16 Batal Rilis? Simak Fakta di Balik Keterlambatan Ini!

iPhone 16, keterlambatan iPhone, Apple Developer Academy, investasi Apple di Indonesia, sertifikat TKDN, komitmen investasi, pabrik Apple di RI, produk Apple, pasar Indonesia, realisasi investasi

Bro sis, iPhone 16 belum nongol aja nih di Indonesia! Jadi, Menteri Perindustrian kita, Agus Gumiwang, mulai berbicara tentang keterlambatan ini. Biasanya sih, iPhone generasi terbaru hadir di tanah air setiap bulan setelah rilis global. Nah, iPhone 16 sendiri sudah diperkenalkan pada 9 September 2024 di AS, dan beberapa negara sudah kebagian minggu lalu. Tapi, di Indonesia? Masih hening gan. Distributor resmi seperti iBox dan Digimap juga belum kasih kabar soal pemesanan atau penjualan iPhone 16 di gerai mereka.

Agus mengungkap, Apple belum memenuhi janji buat nanam investasi di Indonesia. Sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mereka juga sudah expired, dan belum ada perpanjangan. “Saat ini, proses perpanjangan sertifikat TKDN masih menunggu tambahan realisasi investasi dari Apple. Hingga saat ini, investasi Apple baru tercatat sebesar Rp 1,48 triliun, itu masih jauh dari komitmen awal mereka yang sebesar Rp 1,71 triliun. Jadi masih ada kekurangan sekitar Rp 240 miliar,” ungkap Agus, Selasa (8/10/2024).

Read More

Pemerintah Pinta Apple Bangun Pabrik di RI

Gak cuma itu, pemerintah juga pengen Apple gak cuma bikin akademi aja, tapi juga bangun pabrik atau R&D di Indonesia. “Apple, jangan cuma bentuk akademi, Indonesia udah bisa bikin sekolah sendiri. Kita pengen mereka mendirikan R&D di sini,” tegas Agus. Kalau Apple mau memenuhi syarat itu, mereka bisa mendapat nilai TKDN 40%. Dengan demikian, iPhone 16 dan produk Apple lainnya yang menggunakan jaringan seluler bisa masuk pasar Indonesia.

Oh ya, Apple juga udah janji buat bangun empat Apple Developer Academy di Indonesia, salah satunya di Bali. “Begitu mereka memegang komitmen itu, izin buat jual iPhone 16 bakal kita kasih. Semua ini demi keadilan bagi investor yang sudah komitmen tinggi buat investasi di Indonesia,” kata Agus. Pemerintah sangat ingin menciptakan lapangan kerja dan berharap Apple bisa berinvestasi dengan membuat fasilitas produksi di sini, demi mengembangkan SDM industri yang lebih tangguh.

Gimana kak? Kita tunggu aja deh kapan iPhone 16 bakal mendarat!

Artikel Viral di Google News

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *