Cybernews Ungkap Pengumpulan Data Pixel 9 Pro XL

Pixel 9 Pro XL, Cybernews laporan, info pribadi Google, pengembang GrapheneOS, perilaku standar Android, keamanan dan privasi, pengaturan perangkat, fitur Your Timeline.

Guys, ciybernews ungkap Pixel 9 Pro XL bagi info pribadi ke Google. Bahkan sebelum kamu setting perangkatnya. Info yang dibagikan itu meliputi lokasi, email, nomor telepon, daftar aplikasi, dan data lainnya. Tapi, pengembang GrapheneOS—yang fokus pada privasi—bilang ini bukan cuma masalah di Pixel 9 Pro XL, tapi emang perilaku standar Android. Mereka juga mengungkap kalau iOS juga ngumpulin data yang mirip.

Cybernews udah nanya ke Google sebelum rilis laporan ini, dan Google menjawab, “Keamanan dan privasi pengguna adalah prioritas utama untuk Pixel. Kamu bisa ngatur pembagian data, izin aplikasi, dan lainnya saat nyetting perangkat dan di pengaturan. Laporan ini kurang konteks, salah nangkep detail teknis, dan nggak menjelaskan bahwa pengiriman data ini penting buat layanan yang sah di semua perangkat, apapun mereknya, modelnya, atau OS-nya, seperti update software, fitur sesuai permintaan, dan pengalaman yang dipersonalisasi.”

Selain itu, Google juga udah bikin beberapa perubahan buat bikin Android lebih privat. Akhir tahun lalu, mereka ngumumin mau pindahin fitur Your Timeline dari cloud ke perangkatmu. Jadi, kalau kamu belum melakukannya, siap-siap deh, karena bakal ada email yang minta kamu ubah pengaturan. Kamu bisa pindahin riwayat lokasi ke perangkat atau aktifin opsi hapus otomatis.

Artikel Viral di Google News

Related posts